80 Soal ANBK SD, MI, Paket A Kelas 5: Latihan Literasi & Numerasi

80 Soal ANBK SD, MI, Paket A Kelas 5 Materi Literasi-Numerasi untuk Latihan, Beserta Kunci Jawaban

FOKUS kali ini akan menyajikan artikel yang membahas 80 soal ANBK SD, MI, Paket A Kelas 5 dengan fokus pada materi literasi dan numerasi. Artikel ini dirancang untuk menjadi panduan bagi para pengajar, guru, dan orang tua siswa yang sedang mempersiapkan anak-anak menghadapi ANBK atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer.

Tujuan artikel ini adalah memberikan contoh soal yang relevan sebagai bahan latihan, yang tentunya sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Dengan latihan soal ini, diharapkan siswa dapat lebih siap dalam menghadapi ANBK dengan memahami konsep literasi membaca dan numerasi.


Apa Itu ANBK?

ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) adalah program evaluasi yang diadakan oleh Kemendikbud Ristek. Tujuan dari ANBK ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan mengukur hasil belajar siswa pada aspek literasi, numerasi, serta karakter.

Untuk tahun 2024, ANBK kelas 5 SD, MI, dan Paket A akan dilaksanakan pada dua tahap:

  • Tahap 1: 28-31 Oktober 2024
  • Tahap 2: 4-7 November 2024

Selama ANBK, siswa akan mengerjakan 30 soal yang terdiri dari materi literasi dan numerasi. Sebagai bentuk latihan, FOKUS telah menyusun 80 soal ANBK SD, MI, Paket A Kelas 5, yang bersumber dari pusmendik.kemdikbud.go.id.

Latihan Soal ANBK Kelas 5 SD, MI, dan Paket A (Materi Literasi dan Numerasi)

Berikut adalah latihan soal ANBK yang dapat digunakan sebagai bahan latihan oleh orang tua maupun guru, lengkap dengan kunci jawaban untuk memudahkan proses pembelajaran.


Soal ANBK SD, MI, Paket A Kelas 5: Materi Literasi

Bacaan: Dokter Buku

Perhatikan bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 1-4.

Dokter Buku
Sekolahku mengadakan perlombaan. Anak yang paling banyak membaca buku akan menjadi pemenang dan mendapatkan gelar “Monster Buku”.
Aku dan Tuti meminjam beberapa buku dari perpustakaan. Buku yang dipinjam Tuti ternyata banyak halamannya yang lepas. Dengan bantuan ibunya, ia memperbaiki buku tersebut. Tuti kemudian meminjam lebih banyak buku yang rusak untuk diperbaiki. Saat pengumuman, Tuti tidak jadi mendapatkan gelar “Monster Buku” karena ia tidak membaca buku-buku tersebut. Sebaliknya, Tuti mendapat gelar baru yaitu “Dokter Buku”.

Soal 1

Gelar apa yang akhirnya didapatkan oleh Tuti?
Jawaban: Dokter Buku

Soal 2

Bagaimana cara mendapatkan gelar “Monster Buku” dalam perlombaan tersebut?
Pilih Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut:

  • A. Gelar “Monster Buku” diberikan kepada anak yang dapat menceritakan dengan baik isi buku yang dipinjam.
    Jawaban: Salah
  • B. Gelar “Monster Buku” diberikan kepada anak yang paling rajin meminjam serta membaca buku dari perpustakaan.
    Jawaban: Benar

Soal 3

Apa yang membuat Tuti bersemangat untuk meminjam banyak buku?

  • A. Meraih gelar “Monster Buku”.
  • B. Mengikuti perlombaan di sekolah.
  • C. Meraih gelar “Dokter Buku”.
  • D. Memperbaiki buku-buku yang rusak.
    Jawaban: D. Memperbaiki buku-buku yang rusak.

Soal 4

Bagaimana sifat Tuti berdasarkan cerita tersebut?

  • A. Jujur
  • B. Gugup
  • C. Peduli
    Jawaban: A. Jujur dan C. Peduli

Soal ANBK SD, MI, Paket A Kelas 5: Materi Literasi – Bacaan 2

Bacaan: Kelelawar Sang Binatang Malam

Perhatikan bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 5-7.

Kelelawar Sang Binatang Malam
Kelelawar adalah hewan yang aktif pada malam hari, sehingga disebut hewan nokturnal. Kelelawar menggunakan telinganya untuk mencari mangsa. Mereka mengeluarkan suara yang dipantulkan kembali untuk menentukan arah dan jarak benda di sekitarnya. Makanan kelelawar adalah buah, daun, dan sebagian serangga. Pada siang hari, kelelawar tidur menggantung menggunakan kakinya di tempat-tempat seperti dahan pohon dan goa.

Soal 5

Apa makanan kelelawar?

  • A. Buah-buahan
  • B. Semua jenis serangga
  • C. Serangga kecil
  • D. Dahan pohon
    Jawaban: A. Buah-buahan

Soal 6

Bagaimana cara kelelawar untuk mencari makanannya?
Pilih Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut:

  • A. Kelelawar mengandalkan getaran suara dan pendengarannya untuk menemukan arah sumber makanan.
    Jawaban: Benar
  • B. Pantulan getaran suara kelelawar menunjukkan jenis makanan yang dicarinya.
    Jawaban: Salah

Soal 7

Kelelawar menunjukkan perbedaan perilaku di siang dan malam hari. Manakah pernyataan yang memuat perbedaan perilaku tersebut?

  • A. Pada siang hari kelelawar aktif bersuara dibandingkan malam hari.
  • B. Kelelawar aktif di malam hari dan pasif di siang hari.
  • C. Kelelawar mencari makan di malam hari dan tidur di siang hari.
    Jawaban: B. Kelelawar aktif di malam hari dan pasif di siang hari
    Jawaban: C. Kelelawar mencari makan di malam hari dan tidur di siang hari

Soal ANBK SD, MI, Paket A Kelas 5: Materi Literasi – Bacaan 3

Bacaan: Ayo, Berlatih Silat!

Perhatikan bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 8-10.

Ayo, Berlatih Silat!
Silat adalah seni bela diri yang diwariskan secara turun temurun di Indonesia. Silat dimulai dengan kuda-kuda yang kokoh, dilakukan dengan menekuk lutut dan mencondongkan badan. Silat juga melatih tangan untuk menangkis, mengunci, dan meloloskan diri. Selain melatih fisik, silat juga bermanfaat untuk kesehatan jiwa dan raga.

Soal 8

Manakah yang termasuk gerakan dalam silat?

  • A. Kuda-kuda yang kokoh
  • B. Tangkisan yang kuat
  • C. Anggukan kuat
    Jawaban: A. Kuda-kuda yang kokoh dan B. Tangkisan yang kuat

Soal 9

Bagaimana pernyataan yang tepat tentang kuda-kuda dalam silat?
Pilih Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut:

  • A. Cara melakukan kuda-kuda yang kuat adalah dengan menekuk lutut dan mencondongkan badan.
    Jawaban: Benar
  • B. Kuda-kuda yang kokoh dilengkapi dengan kesiapan tangan di depan dada.
    Jawaban: Benar

Soal 10

“Silat itu menyehatkan jiwa dan raga.” Pernyataan yang tepat untuk menjelaskan kalimat tersebut adalah…

  • A. Oleh karena itu, orang yang belajar silat akan memiliki tubuh yang kuat dan pikiran yang tenang.
    Jawaban: A. Oleh karena itu, orang yang belajar silat akan memiliki tubuh yang kuat dan pikiran yang tenang.

Lanjutan Soal ANBK SD, MI, Paket A Kelas 5: Materi Literasi

Bacaan: Ketika Gilang Ingin Seperti Kak Sita

Perhatikan bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 11-14.

Ketika Gilang Ingin Seperti Kak Sita
Gilang sangat mengagumi Kak Sita yang pintar menggambar dan bercerita. Namun, saat Gilang ingin belajar menari dari Kak Sita, ia dilarang karena Kak Sita menganggap Tari Bondan hanya untuk anak perempuan. Walaupun dilarang, Gilang tetap tertarik pada tarian. Akhirnya, Gilang menemukan bahwa ia lebih suka Tari Jaranan dan merasa senang bisa tampil bersama Kak Sita.

Soal 11

Mengapa Kak Sita melarang Gilang menari Bondan?

  • A. Kak Sita tidak suka Gilang menari.
  • B. Kak Sita ingin berlatih sendiri.
  • C. Tari Bondan untuk perempuan.
  • D. Diam-diam Gilang mengikuti Kak Sita.
    Jawaban: C. Tari Bondan untuk perempuan.

Soal 12

Mengapa Gilang diam-diam mengikuti Kak Sita menari?

  • A. Gilang ingin bisa menari seperti Kak Sita.
  • B. Gilang dimarahi oleh Kak Sita karena menari.
  • C. Gilang tidak diajak oleh Kak Sita latihan menari.
    Jawaban: A. Gilang ingin bisa menari seperti Kak Sita
    Jawaban: C. Gilang tidak diajak oleh Kak Sita latihan menari.

Soal 13

Bagaimana perbedaan sikap Gilang terhadap Tari Bondan di awal cerita dengan di akhir cerita?

  • A. Gilang awalnya sangat suka tarian Bondan. Ia terus berusaha meminta Kak Sita untuk melatihnya sehingga mereka menari bersama. (Benar/Salah)
  • B. Gilang awalnya ingin menarikan tarian Bondan. Namun, ia dilarang Kak Sita dan Gilang menemukan tarian yang sesuai untuknya. (Benar/Salah)
    Jawaban: A. Salah
    Jawaban: B. Benar

Soal 14

Jika dicermati gambar pertama pada teks tersebut tidak sesuai dengan isi ceritanya. Apa yang menjadi alasan ketidaksesuaian tersebut?

  • A. Pada cerita Kak Sita marah sambil menunjuk wajah Gilang, sementara pada gambar hanya seperti berteriak. (Benar/Salah)
  • B. Pada cerita Kak Sita hanya tidak suka, bukan marah dan berteriak kepada Gilang seperti pada gambar. (Benar/Salah)
    Jawaban: A. Salah
    Jawaban: B. Benar

Lanjutan Soal ANBK SD, MI, Paket A Kelas 5: Materi Literasi

Bacaan: Sari, Sang Detektif

Perhatikan bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 15-16.

Sari, Sang Detektif
Sari adalah siswa baru yang pindahan dari sekolah di Desa Cipeuteuy. Dengan rambut lurus yang dikucir kuda, kulit sawo matang, dan seragam yang tidak baru, Sari masuk kelas diantar oleh kepala sekolah. Setelah menyapa teman-temannya, Sari memilih duduk di bangku belakang, satu-satunya bangku yang masih kosong.
Anak-anak di kelas mencuri pandang kepadanya setiap kali ada kesempatan. Sari terlihat serius mendengarkan pelajaran yang disampaikan.
Ketika waktu istirahat tiba, Sari berdiri di pintu dan menyalami anak-anak yang akan keluar. “Kenalkan, aku Sari. Aku dijuluki sang detektif oleh teman-teman lamaku,” katanya.
Mendengar pernyataan itu, Mirta berseru, “Wah, detektif! Kamu pasti bisa membantuku. Barang-barangku sering hilang.” Mereka pun akhirnya menuju ke kursi panjang di depan kelas untuk membahas masalah tersebut.

Soal 15

Mengapa Sari duduk di bangku belakang?

  • A. Disuruh oleh guru kelasnya.
  • B. Bangku itu satu-satunya yang kosong.
  • C. Perintah kepala sekolah.
  • D. Siswa baru harus duduk di belakang.
    Jawaban: B. Bangku itu satu-satunya yang kosong.

Soal 16

Pernyataan mana yang sesuai dengan tokoh Sari berdasarkan cerita tersebut?

  • A. Sari anak baru pindahan yang oleh teman lamanya dijuluki sang detektif.
  • B. Sari disenangi oleh temannya karena dapat membantu temannya yang kehilangan.
  • C. Sebagai siswa baru di sekolah, Sari mengawali dengan memperkenalkan diri.
    Jawaban: A. Sari anak baru pindahan yang oleh teman lamanya dijuluki sang detektif.
    Jawaban: C. Sebagai siswa baru di sekolah, Sari mengawali dengan memperkenalkan diri.

Bacaan: Serupa Tapi Tak Sama

Perhatikan bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 17-19.

Serupa Tapi Tak Sama
Jika mendengar suaranya, kambing dan domba mungkin dianggap hewan yang sama. Namun, sebenarnya keduanya memiliki perbedaan. Perbedaan utama antara kambing dan domba terlihat dari bulunya: kambing memiliki bulu yang lurus dan memanjang, sedangkan domba sebaliknya. Telinga dan tanduk kedua hewan ini pun berbeda.
Hewan lain yang sering dianggap sama adalah katak dan kodok. Katak memiliki tubuh langsing, kulit lembap dan berlendir, serta jari yang berselaput. Di sisi lain, kodok memiliki tubuh lebar, kulit kering, dan memiliki cakar di jarinya.
Kura-kura dan penyu juga termasuk dalam kategori hewan yang serupa tapi berbeda. Kura-kura memiliki empat kaki untuk berjalan dan dapat menyembunyikan lehernya, sedangkan penyu memiliki kaki menyerupai sirip untuk berenang. Inilah letak perbedaannya.

Soal 17

Apakah ciri utama seekor kura-kura?

  • A. Kaki menyerupai sirip untuk berenang.
  • B. Mempunyai empat kaki untuk berjalan.
  • C. Dapat menyembunyikan lehernya.
    Jawaban: B. Mempunyai empat kaki untuk berjalan.
    Jawaban: C. Dapat menyembunyikan lehernya.
BACA JUGA :  Tes Formatif Halaman 162 Buku Antropologi SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka

Soal 18

Kambing dan domba terlihat serupa, tetapi tetap memiliki perbedaan. Manakah yang merupakan perbedaan antara kambing dan domba berdasarkan informasi pada teks tersebut?

  • A. Bulu domba terlihat keriting, sedangkan bulu kambing lurus. (Benar/Salah)
  • B. Bentuk telinga domba mengarah ke atas, sedangkan kambing agak menjuntai ke bawah. (Benar/Salah)
    Jawaban: A (Benar)
    Jawaban: B (Benar)

Soal 19

Apa yang dapat disimpulkan dari teks “Serupa Tapi Tak Sama” tersebut?

  • A. Hewan-hewan yang kita anggap sama ternyata berbeda sehingga tidak ditemukan persamaan. (Sesuai/Tidak Sesuai)
  • B. Persamaan dan perbedaan hewan secara umum dapat dilihat dari ciri-ciri fisiknya. (Sesuai/Tidak Sesuai)
    Jawaban: A (Tidak Sesuai)
    Jawaban: B (Sesuai)

Lanjutan Soal ANBK SD, MI, Paket A Kelas 5: Materi Literasi

Bacaan: Budaya 5-S

Perhatikan bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 20-22.

Budaya 5-S
Budaya 5-S (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun) merupakan suatu sikap yang dilakukan oleh seseorang ketika berkomunikasi dengan orang lain.
Budaya senyum adalah hal yang paling mudah untuk kita lakukan. Senyuman itu bisa menular! Dengan sedikit senyuman saja, kita bisa membuat orang lain ikut tersenyum. Ajaib bukan?
Budaya salam dan sapa juga sudah sering kita lakukan. Misalnya, dengan mengucap salam dan menyapa teman ketika bertemu. Coba bayangkan jika kamu berpapasan dengan temanmu, tetapi didiamkan saja. Pasti kamu akan merasa sedih, bukan?
Budaya sopan dan santun dapat kita lihat ketika seseorang sedang berbicara dan bersikap. Orang yang menerapkan budaya ini pasti sangat anggun dan terhindar dari kebiasaan berbicara kasar.
Sebagai anak muda, kita diwajibkan untuk melaksanakan budaya 5-S, terutama kepada orang yang lebih tua. Membiasakan diri untuk bersikap berbudaya akan membawa kita pada karakter berbudi.
Menjaga ucapan dan sikap akan menjadikan diri kita berharga di mata orang lain. Terbiasa menjalankan sikap berbudaya akan membuat kita dihargai oleh orang lain. Selain itu, kita akan terbebas dari perselisihan.

Soal 20

Berdasarkan informasi tersebut, dampak positif apa yang dapat diperoleh seseorang setelah menerapkan budaya 5-S?

  • A. Terbebas dari berbicara kasar.
  • B. Terhindar dari iri dan dengki.
  • C. Terhindar dari prasangka buruk.
  • D. Terbebas dari perselisihan.
    Jawaban: D. Terbebas dari perselisihan.

Soal 21

Seseorang yang sudah menerapkan budaya sopan santun akan terlihat pada caranya ketika berbicara dan
Jawaban: Bersikap.

Soal 22

Gambar apa yang perlu ditambahkan dalam wacana tersebut?

  • A. Gambar penjelasan budaya 5-S.
  • B. Gambar orang saling menyapa.
  • C. Gambar orang memberi salam.
    Jawaban: B. Gambar orang saling menyapa.
    Jawaban: C. Gambar orang memberi salam.

Bacaan: Mari Berkebun!

Perhatikan bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 23-25.

Mari Berkebun!
Berkebun adalah kegiatan menanam dan merawat tanaman. Ada beberapa cara agar berkebun menjadi menyenangkan.
Pertama, pilih jenis tanaman yang disukai. Tanaman yang indah, seperti bunga matahari, bisa menjadi pilihan. Tanaman berbuah seperti tomat ceri juga dapat dipilih.
Kedua, pakai alat berkebun khusus, seperti alat penyiram tanaman atau sekop mini. Alat tersebut akan memudahkan pekerjaan kita.
Ketiga, rekam setiap perkembangan tanaman kita. Mengambil foto atau video akan memunculkan rasa sayang. Merawat tanaman yang kita sayangi akan terasa menyenangkan.

Soal 23

Pasangkanlah urutan cara berkebun yang menyenangkan dengan kegiatannya!
Jawaban:

  • Cara pertama – Pilih jenis tanaman yang disukai.
  • Cara kedua – Pakai alat berkebun khusus.
  • Cara ketiga – Rekam setiap perkembangan tanaman.

Soal 24

Teks tersebut menjelaskan tentang kegiatan berkebun. Informasi apa saja yang sesuai dengan teks tersebut?
Klik pada pilihan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berdasarkan isi teks!

  • A. Bacaan tersebut menjelaskan tentang cara berkebun yang menyenangkan. (Benar/Salah)
  • B. Bacaan tersebut menjelaskan tentang cara memilih tanaman yang baik. (Benar/Salah)
    Jawaban: A (Benar)
    Jawaban: B (Salah)

Soal 25

Mengapa merawat tanaman yang kita sayangi terasa menyenangkan?
Klik pada setiap pilihan jawaban benar! Jawaban benar lebih dari satu.

  • A. Kita dapat melihat pertumbuhan dari tanaman kita.
  • B. Kita dapat memilih alat penyiram tanaman yang menarik.
  • C. Kita dapat mengabadikan indahnya tanaman dalam berbagai media.
    Jawaban: A. Kita dapat melihat pertumbuhan dari tanaman kita.
    Jawaban: C. Kita dapat mengabadikan indahnya tanaman dalam berbagai media.

Lanjutan Soal ANBK SD, MI, Paket A Kelas 5: Materi Literasi

Bacaan: Jaket Abida

Perhatikan bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 26-28.

Jaket Abida
Ata meminjam jaket Abida tanpa izin. Padahal Ata tahu, jika meminjam jaket Abida harus izin.
Siang itu, Ata sedang belajar melukis di rumah menggunakan jaket Abida. Abida sedang belajar kelompok di rumah temannya.
Ata tidak berhati-hati sehingga jaket Abida kotor. Ata takut dan menyembunyikan jaket Abida di bawah tempat tidur.
Abida berlari ke ruang tamu. Ayah sedang bersantai. Abida mengadu ke ayah sambil menangis karena jaketnya hilang.
Ata tidak suka melihat Abida seperti itu. Ata mencuci jaket Abida. Ternyata warna jaket Abida malah berubah.
Abida akhirnya tahu dan marah kepada Ata. Ibu mengetahui keresahan Ata. Jadi, Ibu menyuruh Ata untuk meminta maaf kepada Abida.
“Aku minta maaf Abida,” kata Ata dengan suara kecil dan tertunduk.
Ata ingin memperbaiki jaket Abida. Akhirnya, Ata melukis pelangi di jaket Abida. Abida tersenyum lebar karena jaket Abida menjadi cantik.

Soal 26

Apa yang sedang dilakukan Ata dan Abida siang itu?

  • A. Ata sedang belajar melukis di rumah.
  • B. Ata sedang bersantai di ruang tamu.
  • C. Abida sedang belajar kelompok di rumah temannya.
    Jawaban: A. Ata sedang belajar melukis di rumah.
    Jawaban: C. Abida sedang belajar kelompok di rumah temannya.

Soal 27

Abida marah pada Ata. Mengapa Abida marah kepada Ata?

  • A. Ata membuat kotor jaket Abida. (Benar/Salah)
  • B. Ata membuat warna jaket Abida berubah. (Benar/Salah)
    Jawaban: A (Benar)
    Jawaban: B (Benar)

Soal 28

Bagaimana perasaan Abida saat mengetahui jaketnya hilang?

  • A. Sedih.
  • B. Panik.
  • C. Terharu.
    Jawaban: A. Sedih.
    Jawaban: B. Panik.

Bacaan: Delapan Planet pada Sistem Tata Surya

Perhatikan bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 29-32.

Delapan Planet pada Sistem Tata Surya
Planet merupakan benda langit yang bergerak mengelilingi matahari. Setiap planet memiliki lintasan tersendiri, teratur, dan tidak saling bertabrakan. Berikut ini informasi mengenai planet-planet dalam tata surya.
Delapan Planet pada Sistem Tata Surya

Soal 29

Pasangkanlah nama planet (yang ada pada lajur kiri) dengan informasi (yang ada pada lajur kanan) sesuai dengan isi teks!
Jawaban:

  • Venus – Permukaan planet ini bergurun, kering, dan diselingi oleh batuan.
  • Uranus – Planet ini disebut planet es karena suhu terendahnya bisa mencapai -226°C.
  • Merkurius – Planet ini merupakan planet terkecil dan terdekat dari Matahari.

Lanjutan Soal ANBK SD, MI, Paket A Kelas 5: Materi Literasi

Bacaan: Delapan Planet pada Sistem Tata Surya

Perhatikan bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 30-32.

Delapan Planet pada Sistem Tata Surya
Planet merupakan benda langit yang bergerak mengelilingi matahari. Setiap planet memiliki lintasan tersendiri, teratur, dan tidak saling bertabrakan. Berikut ini informasi mengenai planet-planet dalam tata surya.

Soal 30

Setiap planet dalam tata surya memiliki ciri-ciri yang berbeda. Manakah informasi yang tepat mengenai ciri-ciri planet dalam tata surya?

  • A. Jupiter merupakan raksasa gas dan planet terkecil di tata surya. (Benar/Salah)
  • B. Permukaan planet Mars berwarna merah karena tertutup debu kaya akan zat besi. (Benar/Salah)
    Jawaban: A (Salah)
    Jawaban: B (Benar)

Soal 31

Apakah perbedaan antara Bumi dan Saturnus?

  • A. Permukaan Bumi sebagian besar terdiri atas air, sedangkan permukaan Saturnus tertutupi oleh debu zat besi.
  • B. Bumi merupakan planet yang memiliki kehidupan, sedangkan Saturnus adalah planet terbesar kedua dalam tata surya.
    Jawaban: A (Salah)
    Jawaban: B (Benar)

Soal 32

Mengapa gambar planet Mars dan planet Saturnus sudah sesuai dengan penjelasan yang diberikan?

  • A. Gambar planet Mars ditampilkan dengan warna merah.
  • B. Gambar planet Saturnus menampilkan cincin yang melingkarinya.
  • C. Gambar planet Saturnus dan Mars ditampilkan dalam ukuran sebenarnya.
    Jawaban: A. Gambar planet Mars ditampilkan dengan warna merah.
    Jawaban: B. Gambar planet Saturnus menampilkan cincin yang melingkarinya.

Bacaan: Kisah Kutu di Negeri Rambut

Perhatikan bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 33-35.

Kisah Kutu di Negeri Rambut
Di suatu negeri yang subur, kutu berkumpul.
Ada ribuan telur kutu di sekitar rambut panjang Ajeng.
Ajeng kurang menjaga kebersihan.
Ia sering menggaruk kepalanya karena gatal.
Para kutu sudah semakin banyak.
Mereka ingin mencari negeri baru.
Tak jarang rambut teman-teman Ajeng menjadi korban.
Teman-teman Ajeng menjadi risih.
Ketika Ajeng mulai menggarak rambut, mereka menjauhinya.
Ajeng merasa sedih.
Akhirnya ia memutuskan berkeramas dan memotong rambutnya.
Para kutu sangat marah. Mereka berloncatan mencari negeri yang baru.

Soal 33

Di mana ribuan telur kutu berkumpul?

  • A. Di suatu negeri.
  • B. Di rambut Ajeng.
  • C. Di rambut teman-teman.
    Jawaban: B. Di rambut Ajeng.

Soal 34

Sesuai cerita “Kisah Kutu di Negeri Rambut” terdapat beberapa tokoh di dalamnya. Pasangkan penjelasan di lajur kiri dengan tokoh di lajur kanan!
Jawaban:

  • Tokoh yang memiliki ribuan kutu di rambut. (Ajeng)
  • Tokoh yang risih kepada Ajeng. (Teman-teman)
  • Tokoh yang berloncatan mencari negeri baru. (Kutu)

Soal 35

Mengapa teman-teman Ajeng merasa risih kepadanya?

  • A. Rambut Ajeng panjang.
  • B. Ajeng sering menggaruk kepala.
  • C. Rambut Ajeng banyak kutu.
    Jawaban: C. Rambut Ajeng banyak kutu.
    Jawaban: B. Ajeng sering menggaruk kepala.
BACA JUGA :  15 Contoh Soal KSM IPA Tingkat MI Terbaru Lengkap Beserta Kunci Jawabannya

Bacaan: 3 Jenis Rempah

Apakah Kamu Bisa Membedakannya?

  1. Kunyit
    Kunyit atau kunir kulitnya berwarna cokelat tua. Dagingnya berwarna oranye. Kunyit bisa jadi penyembuh luka. Warna kuningnya juga bisa untuk pewarna.
  2. Lengkuas
    Lengkuas atau laos kulitnya halus. Dagingnya berwarna putih. Lengkuas bisa mengobati sakit napas. Aromanya wangi. Wangi itu menambah enak makanan.
  3. Jahe
    Kulit jahe berwarna coklat muda. Dagingnya berwarna kuning gelap. Jahe cocok jadi bahan minuman. Minum jahe membuat badan jadi hangat.

Soal 36

Rempah yang dapat menyembuhkan luka adalah….

  • A. kunyit
  • B. jahe
  • C. laos

Jawaban: A. kunyit


Soal 37

Informasi apa yang dapat kamu peroleh dari teks tersebut?

  • A. Rempah sebagai bahan makanan pokok Indonesia.
  • B. Rempah sebagai campuran masakan dan bahan minuman.
  • C. Rempah sebagai bahan obat bagi masyarakat.

Jawaban:

  • B. Rempah sebagai campuran masakan dan bahan minuman.
  • C. Rempah sebagai bahan obat bagi masyarakat.

Soal 38

Apa saja perbedaan antara kunyit, jahe, dan lengkuas? Pasangkan nama rempah berikut ini dengan kegunaannya!

Jawaban:

  • Jahe – Sebagai bahan minuman hangat.
  • Kunyit – Sebagai pewarna makanan.
  • Lengkuas – Sebagai pewangi masakan.

Soal 39

Gambar apa yang perlu ditambahkan dalam teks?

  • A. Gambar makanan atau minuman dari rempah. (Perlu/Tidak Perlu)
  • B. Gambar penyakit yang disebabkan rempah. (Perlu/Tidak Perlu)

Jawaban:

  • A. (Perlu)
  • B. (Tidak Perlu)

Bacaan: Menjaga Bumi

Beni dan Wawan tengah bermain di halaman belakang. Ayah membawa tempat sampah bertuliskan “sampah organik”. Wawan dan Beni mendekati Ayah.

“Ayo bantu Ayah potong-potong sampahnya!” ajak Ayah.

Ayah, Beni, dan Wawan memotong sampah menjadi bagian-bagian kecil agar mudah terurai. Kemudian sampah yang telah dipotong dimasukkan ke dalam tong yang telah disiapkan. Tidak lupa Ayah menambahkan sedikit air dan menutup tong dengan rapat.

“Tolong buka tong nomor 3 ya Ben!” pinta Ayah.

“Tidak mau,” tolak Beni.

“Itu sudah lebih dari tujuh hari. Komposnya sudah jadi. Tidak bau lagi seperti kemarin,” jelas Ayah sambil tersenyum.

“Kemarin bau karena belum jadi Yah?” Tanya Wawan.

“Iya. Kemarin hanya dibuka sebentar agar udara dalam tong tidak terlalu panas.”

Setelah itu Ayah mengeluarkan pupuk dari dalam tong. Dibantu Beni dan Wawan, Ayah memberikan pupuk kompos ke tanaman yang ada di belakang rumah agar tanam menjadi subur.


Soal 40

Mengapa saat membuat kompos sampah perlu dipotong-potong kecil?

Jawaban: Supaya mudah terurai/agar mudah terurai/mudah terurai.

Bacaan: Gending Ketawang

Karawitan adalah kesenian musik tradisional yang menggunakan Gamelan. Salah satunya adalah Gending Ketawang yang menggunakan lima alat musik: kenong, kethuk, kempyang, kempul, dan gong.


Soal 41

Setelah ketukan ke-13, kempyang akan dimainkan pada ketukan ke-

Jawaban: 15


Soal 42

Ketika memainkan Gending Ketawang, kita memainkan beberapa alat musik. Klik pada pilihan Benar atau Salah untuk setiap pertanyaan berdasarkan isi teks!
A. Selama ketukan ke-1 sampai ke-16, kethuk dimainkan sebanyak empat kali. (Benar/Salah)
B. Pada ketukan ke-16, alat musik yang dimainkan adalah kethuk, kenong, dan gong. (Benar/Salah)

Jawaban:

  • A. (Benar)
  • B. (Salah)

Bacaan: Batik Jlamprang

Batik adalah kain yang memiliki motif yang unik. Salah satu contohnya adalah batik Jlamprang dari Pekalongan dengan motif berbentuk lingkaran dan garis bintang.


Soal 43

Berapa banyak motif lingkaran merah yang diperlukan untuk melengkapi rangkaian tersebut?
A. 3 motif merah
B. 4 motif merah
C. 5 motif merah

Jawaban: B. 4 motif merah


Soal 44

Dewi ingin membuat rangkaian dengan jumlah 14 motif. Berikut ini adalah pernyataan terkait kebutuhan Dewi dalam membuat rangkaian batik tersebut. Klik pada setiap jawaban yang benar!
A. 5 motif hijau
B. 4 motif kuning
C. 4 motif hitam

Jawaban:

  • A. 5 motif hijau
  • C. 4 motif hitam

Bacaan: Bernapasnya Lumba-Lumba

Lumba-lumba adalah ikan yang bernapas dengan paru-paru dan dapat menahan napas di bawah laut selama 600 detik. Mereka akan muncul ke permukaan laut untuk bernapas selama 5 detik.


Soal 45

Seekor lumba-lumba diamati muncul ke permukaan laut selama 30 detik untuk bernapas. Berapa kali lumba-lumba muncul ke permukaan laut?
A. 6 kali
B. 10 kali
C. 12 kali
D. 15 kali

Jawaban: A. 6 kali
(Lumba-lumba muncul setiap 5 detik, jadi dalam 30 detik, 30÷5=630 \div 5 = 6 kali.)


Soal 46

Dua ekor lumba-lumba muncul bergantian ke permukaan laut. Lumba-lumba pertama muncul ke permukaan laut sebanyak 60 kali. Lumba-lumba kedua menyelam ke dasar laut sebanyak 12 kali. Apakah waktu yang digunakan kedua lumba-lumba untuk muncul ke permukaan laut dan menyelam ke dasar laut sama? Berikan alasanmu.

Jawaban: Iya, karena mereka melakukannya selama 120 detik.
(Lumba-lumba pertama muncul 60 kali, masing-masing selama 5 detik, jadi total waktu 60×5=30060 \times 5 = 300 detik. Lumba-lumba kedua menyelam 12 kali, selama 60 detik, yang berarti total 60 detik menyelam dan 12 kali muncul ke permukaan laut selama 5 detik total juga menghasilkan 300 detik.)

Bacaan: Minibus

Ibu Nur dan Ibu Warda mengajak siswa asuhannya berwisata ke kebun binatang dengan menggunakan dua minibus. Minibus pertama berisi tujuh orang siswa dan satu guru, sedangkan minibus kedua berisi empat orang siswa dan satu guru. Di dalam masing-masing minibus, guru duduk tepat di belakang supir.


Soal 47

Dari denah tempat duduk dari 2 mini bus tersebut, klik pada pilihan benar atau salah untuk setiap pernyataan di bawah ini yang berkaitan dengan posisi duduk dari denah kedua bus tersebut.
A. Nurul duduk didepan Andre. (Benar/Salah)
B. Bella berada disamping kanan Riki. (Benar/Salah)

Jawaban:

  • A. (Benar)
  • B. (Benar)

Bacaan: Membuat Periskop Sederhana

Periskop adalah alat optik yang digunakan untuk melihat benda secara tersembunyi. Siswa kelas 4 membuat periskop sederhana menggunakan kemasan pasta gigi dengan spesifikasi ukuran tertentu.


Soal 49

Sebelum membuat periskop, Dina harus mengetahui ukuran tiap bagian periskop. Berikut ini kesimpulan mana sajakah yang benar? Klik pada setiap jawaban yang benar! Jawaban benar lebih dari satu.
A. Lubang bagian depan periskop seluas 16 cm²;
B. Bagian atas periskop seluas 28 cm²;
C. Satu kaca periskop seluas 50 cm²;

Jawaban:

  • A. Lubang bagian depan periskop seluas 16 cm²;
  • C. Satu kaca periskop seluas 50 cm²;

Penjelasan: Lubang bagian depan periskop yang berbentuk persegi dengan sisi 4 cm memiliki luas 4cm×4cm=16cm24 cm \times 4 cm = 16 cm². Kaca berukuran 10cm×5cm10 cm \times 5 cm memiliki luas 10cm×5cm=50cm210 cm \times 5 cm = 50 cm².


Soal 50

Periskop sederhana yang dibuat oleh siswa akan dilapisi dengan kertas berwarna. Mereka menyediakan 2 warna yaitu warna hijau untuk bagian samping dan warna kuning untuk bagian depan dan belakang. Persediaan kertas warna hijau adalah 250 cm²; sedangkan kertas warna kuning adalah 300 cm²;. Klik pada pilihan benar atau salah untuk pernyataan berdasarkan isi teks!
A. Persediaan kertas warna hijau cukup untuk melapisi bagian samping periskop. (Benar/Salah)
B. Persediaan kertas warna kuning cukup untuk melapisi bagian depan dan belakang periskop setelah dilubangi. (Benar/Salah)

Jawaban:

  • A. (Benar)
  • B. (Benar)

Penjelasan: Jika bagian samping periskop membutuhkan 250 cm², maka persediaan kertas warna hijau cukup. Jika bagian depan dan belakang periskop setelah dilubangi memerlukan kertas kuning, maka dengan 300 cm², persediaan tersebut juga cukup.

Bacaan: Belanja ke Toko

Salsa dan Ibu pergi berbelanja di toko dekat rumah. Di toko tersebut dipajang beberapa barang dengan berbagai bentuk.


Soal 51

Benda yang dijual di toko bentuknya bermacam-macam. Manakah benda yang berbentuk balok dan kubus?
A. Benda bentuk balok = penggaris B dan benda bentuk kubus = jam A.
B. Benda bentuk balok = kotak susu dan benda bentuk kubus = kotak jus.
C. Benda bentuk balok = jam B dan benda bentuk kubus = penggaris A.

Jawaban:

  • B. Benda bentuk balok = kotak susu dan benda bentuk kubus = kotak jus.

Soal 52

Berbagai jenis benda dengan bentuk yang berbeda dijual di toko tersebut. Tentukan pernyataan-pernyataan bentuk benda beserta jumlahnya yang benar! Klik pada setiap pilihan jawaban benar! Jawaban benar lebih dari satu.
A. Benda yang berbentuk persegi panjang ada 3 buah.
B. Benda yang berbentuk lingkaran ada 2 buah.
C. Benda yang berbentuk segitiga ada 3 buah.

Jawaban:

  • A. Benda yang berbentuk persegi panjang ada 3 buah.
  • C. Benda yang berbentuk segitiga ada 3 buah.

Bacaan: Membuat Kolam Renang

Pak Joko memiliki lahan kosong di belakang rumahnya dan berencana untuk membuat kolam renang dan taman.


Soal 53

Seluruh permukaan di samping kolam Pak Joko akan ditutup dengan rumput sintetis. Klik pada pilihan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut!
A. Pak Joko membutuhkan rumput sintesis seluas 10.000 cm² untuk menutup bagian I. (Benar/Salah)
B. Pak Joko membutuhkan rumput sintesis seluas 20.000 cm² untuk menutup bagian II. (Benar/Salah)

Jawaban:

  • A (Benar)
  • B (Benar)

Soal 54

Di sekeliling kolam renang dipasang keramik kasar. Pak Joko memiliki keramik sebanyak 100 buah, apakah keramik tersebut cukup jika dipasang mengelilingi kolam? Berikan alasanmu!

Jawaban:

  • Tidak cukup, karena ukuran keramik 10 cm x 10 cm.
    Penjelasan: Jika keramik berukuran 10 cm x 10 cm, maka setiap keramik memiliki luas 100 cm². Jika diperlukan lebih dari 10000 cm² untuk menutup sekeliling kolam, maka 100 buah keramik tidak akan cukup.

Bacaan: PIZZA MINI

Winda membeli sebuah kotak berisi 6 pizza mini untuk dibagikan kepada Keke dan Koko.


Soal 55

Jika Keke makan satu pizza mini sosis dan Koko makan dua pizza mini tomat. Pizza mini apa yang mungkin dimakan oleh Winda? Klik pada setiap pilihan jawaban benar! Jawaban benar lebih dari satu.
A. 1 pizza mini sosis dan 1 pizza mini udang
B. 1 pizza mini udang dan 1 pizza mini tomat
C. 1 pizza mini sosis dan 2 pizza mini udang

Jawaban:

  • A. 1 pizza mini sosis dan 1 pizza mini udang
  • C. 1 pizza mini sosis dan 2 pizza mini udang
BACA JUGA :  Soal MOOC PPPK 2024 Lengkap dengan Jawaban dan Pembahasan

Soal 56

Winda membeli lagi 2 pizza mini udang dan 2 pizza mini sosis. Klik pada pilihan Mungkin atau Tidak Mungkin untuk setiap kejadian berikut!
A. Keke makan 4 pizza mini udang. (Mungkin/Tidak Mungkin)
B. Koko makan 3 pizza mini tomat. (Mungkin/Tidak Mungkin)

Jawaban:

  • A (Mungkin)
  • B (Tidak Mungkin)

Bacaan: Ibu memberi Ahmad beberapa baju dan celana

Ahmad akan membawa baju dan celana yang Ibu berikan saat acara kemah.


Soal 57

Pasangan baju dan celana pemberian Ibu manakah yang paling mungkin Ahmad bawa saat kemah?
A. Baju 1 dan celana 1
B. Baju 2 dan celana 1
C. Baju 2 dan celana 2

Jawaban:

  • B. Baju 2 dan celana 1

Bacaan: Ulat untuk Burung Jalak Putih

Pak Budi memberi makan burung jalak putih dengan 4 jenis ulat setiap pagi.


Soal 58

Semua ulat dalam wadah diberikan pada burung jalak putih peliharaan Pak Budi. Ulat jenis apa yang paling mungkin dimakan burung tersebut?
A. Ulat jenis A
B. Ulat jenis B
C. Ulat jenis C
D. Ulat jenis D

Jawaban:

  • A. Ulat jenis A

Soal 59

Ternyata, ada beberapa ulat yang mati. Lalu Pak Budi menambahkan beberapa ulat ke dalam wadah. Berdasarkan diagram tersebut, klik pada pilihan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut!
A. Jumlah ulat jenis A tetap. (Benar/Salah)
B. Hanya jumlah ulat jenis B yang berkurang dari semula. (Benar/Salah)

Jawaban:

  • A (Benar)
  • B (Benar)

Bacaan: Toko Sepeda

Ayah memiliki usaha toko sepeda dengan beberapa jenis sepeda yang dijual.


Soal 60

Ayah ingin menambah jumlah sepeda di setiap toko sepedanya. Klik pada setiap pilihan jawaban benar! Jawaban benar lebih dari satu.
A. Ayah bisa menambah 60 sepeda anak ke toko sepeda di Bali.
B. Ayah bisa menambah 30 sepeda lipat ke toko sepeda di Jakarta.
C. Ayah bisa menambah 25 sepeda gunung ke toko sepeda di Bandung.

Jawaban:

  • A. Ayah bisa menambah 60 sepeda anak ke toko sepeda di Bali.
  • C. Ayah bisa menambah 25 sepeda gunung ke toko sepeda di Bandung.

Bacaan: Bakti Sosial SD Tunas Jaya

Siswa Kelas 2 SD Tunas Jaya mengadakan bakti sosial dengan mengumpulkan baju layak pakai.


Soal 61

Perbandingan jumlah baju yang disumbangkan oleh setiap kelas adalah….
A. Baju kelas 2A lebih sedikit dibandingkan baju dari kelas 2B.
B. Baju kelas 2A lebih sedikit dibandingkan baju dari kelas 2C.
C. Baju kelas 2B lebih sedikit dibandingkan baju dari kelas 2C.

Jawaban:

  • C. Baju kelas 2B lebih sedikit dibandingkan baju dari kelas 2C.

Soal 62

Terdapat 75 anak di Panti Asuhan Berkah Sentosa. Setiap anak memperoleh satu baju. Apakah baju dari masing-masing kelas cukup untuk dibagikan?
A. Baju dari kelas 2A cukup, karena jumlah baju lebih banyak dari jumlah anak.
B. Baju dari kelas 2B cukup, karena jumlah baju lebih sedikit dari jumlah anak.
C. Baju dari kelas 2C tidak cukup, karena jumlah baju lebih banyak dari jumlah anak.

Jawaban:

  • A. Baju dari kelas 2A cukup, karena jumlah baju lebih banyak dari jumlah anak.

Bacaan: Belajar Membuat Kue Choco Cookies

Ibu mengajak untuk belajar membuat kue choco cookies dengan resep yang dapat menghasilkan 35 buah kue.


Soal 63

Berdasarkan kebutuhan bahan untuk membuat kue tersebut, Klik pada pilihan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berdasarkan isi teks!
A. Jumlah margarin yang dibutuhkan lebih sedikit dari gula halus. (Benar/Salah)
B. Jumlah tepung terigu yang dibutuhkan lebih banyak dari susu bubuk. (Benar/Salah)

Jawaban:

  • A (Salah)
  • B (Benar)

Soal 64

Keesokan harinya, ibu mengajakku untuk membantunya membuat pesanan 9 toples kue (180 buah kue choco cookies). Klik pada pilihan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berdasarkan isi teks!
A. Ibu harus membeli 9 butir telur lagi untuk membuat pesanan kue tersebut. (Benar/Salah)
B. Untuk membuat 3 toples kue, dibutuhkan 5 bungkus choco cookies. (Benar/Salah)

Jawaban:

  • A (Benar)
  • B (Salah)

Bacaan: Nomor Dada Pelari

Ani, Sinta, dan Tuti mengikuti lomba lari dengan nomor dada yang berbeda.


Soal 65

Berapakah nomor dada Tuti?

Jawaban:

  • 06

Soal 66

Berdasarkan informasi yang diberikan, klik pada pilihan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berdasarkan isi teks!
A. Tuti memiliki nomor dada paling kecil dari ketiga pelari. (Benar/Salah)
B. Ani memiliki nomor dada lebih kecil dari Sinta. (Benar/Salah)

Jawaban:

  • A (Benar)
  • B (Benar)

Bacaan: Jumlah Siswa di SD Anting

Jumlah seluruh siswa di SD Anting adalah 450 anak, dengan rincian kelas 4A dan 4B.


Soal 67

Pernyataan berikut berkaitan dengan siswa di kelas 4A yang berkacamata dan tidak berkacamata. Klik pada pilihan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berdasarkan isi teks!
A. Siswa kelas 4A yang berkacamata lebih dari jumlah siswa kelas 4A. (Benar/Salah)
B. Siswa kelas 4A yang berkacamata lebih banyak daripada siswa yang tidak berkacamata. (Benar/Salah)

Jawaban:

  • A (Benar)
  • B (Benar)

Soal 68

Hari ini adalah acara ulang tahun sekolah. Setiap kelas mendapat 1 buah kue berukuran sama untuk dimakan bersama. Kue yang ada dibagi sama besar sesuai dengan banyak siswa di kelas. Klik pada setiap pilihan jawaban benar! Jawaban benar lebih dari satu!
A. Bagian kue seluruh siswa laki-laki kelas 4A lebih banyak dibanding bagian kue seluruh laki-laki kelas 4B.
B. Bagian kue seluruh siswa perempuan kelas 4B lebih banyak dibanding bagian kue seluruh laki-laki kelas 4A.
C. Setiap anak kelas 4B memperoleh potongan kue lebih kecil dibanding potongan kue untuk setiap anak kelas 4A.

Jawaban:

  • A. Bagian kue seluruh siswa laki-laki kelas 4A lebih banyak dibanding bagian kue seluruh laki-laki kelas 4B.
  • C. Setiap anak kelas 4B memperoleh potongan kue lebih kecil dibanding potongan kue untuk setiap anak kelas 4A.

Bacaan: Ibu akan mengajari Rina membuat gelang dari manik-manik

Rina diminta untuk melanjutkan susunan manik-manik yang telah ditunjukkan ibu.


Soal 69

Rina harus melanjutkan susunan manik-manik yang telah ditunjukkan ibu, manakah susunan manik-manik yang tepat selanjutnya?

Jawaban:
(Sesuaikan dengan pilihan yang tepat dari gambar, tidak ada jawaban langsung tanpa melihat gambar.)


Bacaan: Ibu Mila memiliki peliharaan ayam

Ibu Mila memiliki beberapa ayam, dan beberapa ayam hilang.


Soal 70

Berapakah jumlah ayam yang hilang?
A. 3 ekor ayam
B. 4 ekor ayam
C. 5 ekor ayam

Jawaban:

  • C. 5 ekor ayam

Soal 71

Ayo kita cermati gambar di bawah ini. Pasangkanlah angka-angka yang tepat.

Jawaban:

  • 19, 8, 26

Soal 72

Warna yang tepat untuk blok yang tidak diketahui adalah ….
A. Merah
B. Kuning
C. Hijau

Jawaban:

  • C. Hijau

Soal 73: Menata Barang di Meja Belajar

Berdasarkan bentuk benda-benda yang ada di kamar Kio, pernyataan mana saja yang benar?
A. Penghapus pensil berbentuk kubus.
B. Kardus di bawah meja belajar Kio berbentuk kubus.
C. Tempat pensil berbentuk balok.

Jawaban:

  • A. Penghapus pensil berbentuk kubus.
  • C. Tempat pensil berbentuk balok.

Soal 74: Kio meletakkan beberapa barang di rak mejanya.

Tentukan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut!
A. Rak penggaris berada di atas rak jam. (Benar/Salah)
B. Rak buku berada di bawah rak tempat pensil. (Benar/Salah)

Jawaban:

  • A (Benar)
  • B (Salah)

Soal 75: Mengantar Kue

Pasangkan nama dan nomor rumah yang tepat!

  • Nama: Vino, Ayu, Siska
  • Nomor Rumah: 2, 3, 4, 6, 7

Jawaban:

  • Vino (2)
  • Ayu (7)
  • Siska (4)

Soal 76: Jarak antara rumah Ayu ke rumah Vino

Jawab:

  • 5

Soal 77: Hasil Panen

Manakah kejadian yang tidak mungkin terjadi?
A. Ibu memberikan 2 jenis buah dan 1 umbi-umbian.
B. Ibu memberikan 5 jenis sayur dan 1 jenis buah.
C. Ibu memberikan 2 jenis buah dan 2 jenis sayuran.

Jawaban:

  • B. Ibu memberikan 5 jenis sayur dan 1 jenis buah.

Soal 78: Wahana di Taman Bermain

Apa sajakah yang mungkin mereka lakukan?
A. Bagas naik wahana Kora-Kora sendirian.
B. Cantika naik wahan Alap-Alap bersama Ardan.
C. Bagas naik wahana Tornado sendirian.

Jawaban:

  • B. Cantika naik wahana Alap-Alap bersama Ardan.
    (Jawaban A mungkin tergantung pada usia Bagas, tetapi jika di bawah 10 tahun, A mungkin tidak valid.)

Soal 79: VITAMIN A

Angka yang menempati tempat ratusan pada kandungan vitamin A dalam wortel adalah ….
A. 9
B. 5
C. 4

Jawaban:

  • C. 4

Soal 80: Kandungan Vitamin A

Tentukan benar atau salah untuk setiap pernyataan berikut!
A. Kandungan vitamin A pada mangga lebih rendah daripada wortel. (Benar/Salah)
B. Kandungan vitamin A pada wortel lebih tinggi daripada bayam. (Benar/Salah)

Jawaban:

  • A (Benar)
  • B (Salah)

Dengan latihan yang konsisten menggunakan 80 soal ANBK SD, MI, Paket A Kelas 5 ini, diharapkan siswa dapat lebih siap menghadapi ujian dan meningkatkan kemampuan literasi serta numerasi mereka. Semoga orang tua juga dapat berperan aktif dalam mendampingi dan mendukung proses belajar anak-anak mereka. Selamat belajar!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *