2. Manakah yang tidak termasuk dalam elemen Perencanaan Berbasis Data?
- A) Melibatkan berbagai pemangku kepentingan
- B) Berdasarkan pada data dan fakta
- C) Mengutamakan perubahan sarana dan prasarana fisik saja dalam perencanaan
- D) Semua benar
Jawaban: C) Mengutamakan perubahan sarana dan prasarana fisik saja dalam perencanaan
Daftar Isi:
3. Hal apa yang diperlukan dalam membuat perencanaan satuan pendidikan?
- A) Data
- B) Perkiraan pribadi
- C) Perkiraan kelompok
- D) Yang penting dana habis
Jawaban: A) Data
Post Test Modul 2
1. Dokumen yang perlu disusun satuan pendidikan sebagai inti dari perencanaan berbasis data adalah…
- A) Laporan rapor pendidikan
- B) Platform rapor pendidikan
- C) Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS)
- D) Lembar Evaluasi Diri Sekolah
Jawaban: A) Laporan rapor pendidikan
1. Jika satuan pendidikan membutuhkan data tambahan, data manakah yang dapat digunakan?
- A) Observasi, wawancara, survei, dan diskusi bersama murid, guru, dan warga sekolah lainnya
- B) Dapodik
- C) Asesmen Nasional
- D) Data GPK
Jawaban: A) Observasi, wawancara, survei, dan diskusi bersama murid, guru, dan warga sekolah lainnya
3. Tujuan diadakannya Perencanaan Berbasis Data adalah…
- A) Memperbaiki permasalahan peningkatan mutu pendidikan dengan lebih sederhana dan bermakna.
- B) Meningkatkan mutu pendidikan dengan sebatas pemenuhan dokumen administrasi
- C) Meningkatkan mutu pendidikan dengan mengukur beragam hal
- D) Memperbaiki layanan pendidikan dengan melakukan pengisian borang berkali-kali
Jawaban: A) Memperbaiki permasalahan peningkatan mutu pendidikan dengan lebih sederhana dan bermakna
4. Berikut adalah perencanaan program yang membutuhkan biaya, kecuali…
- A) Pengadaan buku sekolah
- B) Perbaikan lapangan sekolah
- C) Pelatihan guru melalui pelatihan mandiri di PMM
- D) Pelatihan guru luring dengan mengundang narasumber ahli
- E) Pembangunan perpustakaan
Jawaban: C) Pelatihan guru melalui pelatihan mandiri di PMM
Demikian kunci jawaban Post Test Modul 1 dan 2 Perencanaan Berbasis Data di Satuan Pendidikan Platform Merdeka Mengajar. Semoga membantu bapak dan ibu guru dalam memahami materi dan menerapkannya di satuan pendidikan masing-masing. Teruslah semangat dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik!
Kesimpulan
Dalam postingan ini, kita telah membahas secara mendalam Kunci Jawaban Post Test Modul 1 dan 2 Perencanaan Berbasis Data (PBD) di Satuan Pendidikan Platform Merdeka Mengajar. Modul PBD berperan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di satuan pendidikan melalui perencanaan yang didasarkan pada data yang akurat dan relevan.
Kita telah meninjau empat indikator utama transformasi di satuan pendidikan:
- Berpihak pada tumbuh kembang murid
- Menciptakan lingkungan belajar yang aman dan inklusif
- Mengembangkan budaya refleksi berbasis data
- Peningkatan hasil belajar murid
Untuk memperkuat pemahaman, kami juga telah mengerjakan Post Test Modul 1 dan 2 yang meliputi pertanyaan tentang elemen-elemen penting dalam PBD, dokumen inti yang perlu disusun, dan tujuan utama dari perencanaan berbasis data.
Dari post test tersebut, kita belajar bahwa:
- Data mengenai peserta didik, guru, dan lingkungan satuan pendidikan adalah kunci dalam perencanaan.
- Perencanaan berbasis data harus melibatkan berbagai pemangku kepentingan dan berdasar pada fakta, bukan hanya perubahan fisik semata.
- Laporan rapor pendidikan adalah dokumen utama dalam PBD, dan observasi serta survei adalah metode penting untuk mengumpulkan data tambahan.
Kesimpulannya, Kunci Jawaban Post Test Modul 1 dan 2 Perencanaan Berbasis Data (PBD) di Satuan Pendidikan Platform Merdeka Mengajar sangat membantu bapak dan ibu guru dalam memahami dan menerapkan perencanaan berbasis data untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik dan inklusif. Teruslah bersemangat dalam mengembangkan pendidikan yang lebih bermakna dan berkualitas di satuan pendidikan Anda!