Pengembangan budi pekerti (olah rasa, karakter), pikiran (olah pikir) dan jasmani (olah raga) murid melalui pendidikan tidak dapat dipisahkan, karena…
Daftar Isi:
- A. Penting untuk masa depan
- B. Membuat diri murid menjadi seimbang
- C. Akan menuntun bagaimana cara hidup dan memelihara hidup murid
- D. Merupakan pokok pembelajaran dalam pendidikan
Jawaban: B
Soal 4 dari 12
Apa definisi dari “mendidik” yang paling tepat menurut Ki Hadjar Dewantara?
- A. Menuntun segala kodrat yang ada pada murid, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya, baik itu sebagai manusia maupun anggota masyarakat.
- B. Menuntun kehidupan murid agar mereka mampu menghadapi perubahan lingkungan dan menjalin hubungan sosial dan budaya yang ada di sekitarnya.
- C. Mengajarkan murid mengenai hal-hal yang belum diketahui sehingga membuatnya menjadi lebih tahu agar wawasan dan keterampilan yang dimiliki menjadi lebih baik untuk masa depannya.
- D. Menetapkan kebutuhan murid dengan melihat karakteristik setiap murid agar proses pendidikannya dapat berjalan dengan lebih optimal.
Jawaban: A
Soal 5 dari 12
Sifat pendidikan yang paling sesuai dengan bangsa kita menurut Ki Hadjar Dewantara adalah…
- A. Humanis, Oportunis, Kerakyatan
- B. Humanis, Kerakyatan, dan Praktis
- C. Humanis, Kerakyatan dan Kebangsaan
- D. Humanis, Kebangsaan dan Intelektualistis
Jawaban: C
Soal 6 dari 12
Menurut Ki Hadjar Dewantara, sistem pendidikan barat mengedepankan rasio dan ilmu pengetahuan tanpa adanya…
- A. Pendidikan emosional dan kecerdasan
- B. Olah rasa dan pendidikan intelektual
- C. Pendidikan Intelektual dan emosional
- D. Pendidikan emosional dan olah rasa
Jawaban: D
Soal 7 dari 12
Dasar utama yang dicita-citakan Ki Hadjar Dewantara untuk mencapai keluhuran manusia, nusa, dan bangsa adalah kemerdekaan setiap murid untuk mampu mengatur dirinya sendiri agar seperti tersebut di bawah ini, kecuali…
- A. Berpikir merdeka dalam ketertiban bersama
- B. Berperasaan
- C. Dapat bekerja berdasar kehendak
- D. Mengatur orang lain
Jawaban: D
Soal 8 dari 12
Berikut ini bentuk praktik pengajaran kecuali:
- A. Guru menyampaikan cara membuat puisi
- B. Guru mengamati minat murid terhadap puisi
- C. Murid mempelajari ragam puisi yang disampaikan guru
- D. Guru meminta murid membuat puisi sesuai teori yang diajarkan
Jawaban: B
Soal 9 dari 12
Penanda manusia merdeka menurut Ki Hadjar Dewantara adalah berikut ini kecuali…
- A. Berdaya
- B. Berbudi pekerti
- C. Beriman
- D. Berkuasa atas kehendak diri
Jawaban: C
Soal 10 dari 12
Hanya fokus pada orientasi kognitif dalam pembelajaran dapat menyebabkan…
- A. Murid malas belajar
- B. Perkembangan kecakapan emosi dan sosial murid terabaikan
- C. Murid tertekan untuk sekolah
- D. Sistem penilaian tidak sesuai
Jawaban: B
Soal 11 dari 12
Menurut Ki Hadjar Dewantara, salah satu hasil dari “tuntunan” orang dewasa terhadap kekuatan-kekuatan yang dimiliki murid adalah…
- A. Perubahan dasar hidup dan tumbuh kembangnya
- B. Akal budi yang berkembang
- C. Kekuatan murid yang semakin meningkat
- D. Arah minat dan perubahan karakteristik diri
Jawaban: C
Soal 12 dari 12
Berikut pernyataan yang sesuai terkait pemahaman terhadap kata “pendidikan” dan “pengajaran” menurut Ki Hadjar Dewantara…
- A. Tuntunan adalah salah satu dari pengajaran
- B. Tuntunan adalah salah satu dari pendidikan
- C. Pengajaran adalah salah satu bagian dari pendidikan
- D. Pendidikan adalah salah satu bagian dari tuntunan
Jawaban: C
Kesimpulan
Teruslah pahami materi Kurikulum Merdeka mengenai Mendidik dan Mengajar untuk menambah wawasan dan meningkatkan kualitas mengajar dan mendidik peserta didik di sekolah.***