Kunci Jawaban Platform Merdeka Mengajar (PMM) Pos Test Kurikulum Merdeka Modul 2, Mendidik dan Mengajar

fokus edukasi
Pendidikan

Pengembangan budi pekerti (olah rasa, karakter), pikiran (olah pikir) dan jasmani (olah raga) murid melalui pendidikan tidak dapat dipisahkan, karena…

  • A. Penting untuk masa depan
  • B. Membuat diri murid menjadi seimbang
  • C. Akan menuntun bagaimana cara hidup dan memelihara hidup murid
  • D. Merupakan pokok pembelajaran dalam pendidikan

Jawaban: B

Soal 4 dari 12

Apa definisi dari “mendidik” yang paling tepat menurut Ki Hadjar Dewantara?

  • A. Menuntun segala kodrat yang ada pada murid, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya, baik itu sebagai manusia maupun anggota masyarakat.
  • B. Menuntun kehidupan murid agar mereka mampu menghadapi perubahan lingkungan dan menjalin hubungan sosial dan budaya yang ada di sekitarnya.
  • C. Mengajarkan murid mengenai hal-hal yang belum diketahui sehingga membuatnya menjadi lebih tahu agar wawasan dan keterampilan yang dimiliki menjadi lebih baik untuk masa depannya.
  • D. Menetapkan kebutuhan murid dengan melihat karakteristik setiap murid agar proses pendidikannya dapat berjalan dengan lebih optimal.

Jawaban: A

Soal 5 dari 12

Sifat pendidikan yang paling sesuai dengan bangsa kita menurut Ki Hadjar Dewantara adalah…

  • A. Humanis, Oportunis, Kerakyatan
  • B. Humanis, Kerakyatan, dan Praktis
  • C. Humanis, Kerakyatan dan Kebangsaan
  • D. Humanis, Kebangsaan dan Intelektualistis

Jawaban: C

Soal 6 dari 12

Menurut Ki Hadjar Dewantara, sistem pendidikan barat mengedepankan rasio dan ilmu pengetahuan tanpa adanya…

  • A. Pendidikan emosional dan kecerdasan
  • B. Olah rasa dan pendidikan intelektual
  • C. Pendidikan Intelektual dan emosional
  • D. Pendidikan emosional dan olah rasa

Jawaban: D

Soal 7 dari 12

Dasar utama yang dicita-citakan Ki Hadjar Dewantara untuk mencapai keluhuran manusia, nusa, dan bangsa adalah kemerdekaan setiap murid untuk mampu mengatur dirinya sendiri agar seperti tersebut di bawah ini, kecuali…

  • A. Berpikir merdeka dalam ketertiban bersama
  • B. Berperasaan
  • C. Dapat bekerja berdasar kehendak
  • D. Mengatur orang lain
BACA JUGA :  Mahasiswa Diminta untuk Melakukan Analisis Kelayakan Proyek

Jawaban: D

Soal 8 dari 12

Berikut ini bentuk praktik pengajaran kecuali:

  • A. Guru menyampaikan cara membuat puisi
  • B. Guru mengamati minat murid terhadap puisi
  • C. Murid mempelajari ragam puisi yang disampaikan guru
  • D. Guru meminta murid membuat puisi sesuai teori yang diajarkan

Jawaban: B

Soal 9 dari 12

Penanda manusia merdeka menurut Ki Hadjar Dewantara adalah berikut ini kecuali…

  • A. Berdaya
  • B. Berbudi pekerti
  • C. Beriman
  • D. Berkuasa atas kehendak diri

Jawaban: C

Soal 10 dari 12

Hanya fokus pada orientasi kognitif dalam pembelajaran dapat menyebabkan…

  • A. Murid malas belajar
  • B. Perkembangan kecakapan emosi dan sosial murid terabaikan
  • C. Murid tertekan untuk sekolah
  • D. Sistem penilaian tidak sesuai

Jawaban: B

Soal 11 dari 12

Menurut Ki Hadjar Dewantara, salah satu hasil dari “tuntunan” orang dewasa terhadap kekuatan-kekuatan yang dimiliki murid adalah…

  • A. Perubahan dasar hidup dan tumbuh kembangnya
  • B. Akal budi yang berkembang
  • C. Kekuatan murid yang semakin meningkat
  • D. Arah minat dan perubahan karakteristik diri

Jawaban: C

Soal 12 dari 12

Berikut pernyataan yang sesuai terkait pemahaman terhadap kata “pendidikan” dan “pengajaran” menurut Ki Hadjar Dewantara…

  • A. Tuntunan adalah salah satu dari pengajaran
  • B. Tuntunan adalah salah satu dari pendidikan
  • C. Pengajaran adalah salah satu bagian dari pendidikan
  • D. Pendidikan adalah salah satu bagian dari tuntunan

Jawaban: C

Kesimpulan

Teruslah pahami materi Kurikulum Merdeka mengenai Mendidik dan Mengajar untuk menambah wawasan dan meningkatkan kualitas mengajar dan mendidik peserta didik di sekolah.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *