Kunci Jawaban Modul 6 Implementasi Perencanaan Pembelajaran di Tahap Awal

fokus edukasi

Kunci Jawaban Modul 6 Implementasi Perencanaan Pembelajaran di Tahap Awal

Kunci Jawaban Modul 6 Implementasi Perencanaan Pembelajaran di Tahap Awal

Dalam artikel ini, kita akan mengulas kunci jawaban modul 6 yang berkaitan dengan implementasi perencanaan pembelajaran di tahap awal. Artikel ini bertujuan membantu para pendidik memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep penting dalam perencanaan pembelajaran.

Pendahuluan

Perencanaan pembelajaran adalah langkah krusial dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan efisien. Modul 6 ini memberikan panduan dan contoh nyata bagaimana melaksanakan perencanaan di tahap awal pembelajaran. Mari kita simak kunci jawaban modul 6 ini dengan seksama.

Latihan Pemahaman

  1. Pada tahap awal, membuat perencanaan di ruang lingkup satuan pendidikan dapat dilakukan dengan memilih contoh alur tujuan pembelajaran dari referensi yang sudah disediakan Kemdikbudristek.Jawaban: Pernyataan di atas benar.
  2. Mana yang merupakan ciri-ciri pembelajaran yang berpusat pada peserta didik?Jawaban: Peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran.
  3. Untuk mendapatkan informasi mengenai kesiapan belajar peserta didik, pendidik dapat melakukan ….Jawaban: Dapat melakukan asesmen pada awal pembelajaran.
  4. Kebutuhan belajar murid sangatlah beragam. Hal yang paling memungkinkan bagi guru untuk dapat memenuhi keberagaman tersebut di tahap awal adalah ….Jawaban: Dapat dilakukan dengan menerapkan pembelajaran terdeferensiasi.

Cerita Reflektif

Apa hal menarik yang Anda pelajari setelah melihat contoh-contoh penerapan pembelajaran di tahap ini?

Contoh Jawaban:

Kebutuhan belajar murid sangatlah beragam sehingga guru sebaiknya melaksanakan pembelajaran terdeferensiasi.

Soal Post Test

  1. Berikut ini merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh pendidik dalam merancang asesmen pada satuan pendidikan di tahap awal, yaitu:A. Membayar jasa pembuat soal asesmen pembelajaran dari luar satuan pendidikan
    B. Memberikan kesempatan kepada murid untuk memilih jenis asesmen yang ingin dirancang
    C. Menggunakan soal asesmen yang disediakan di dalam buku teks pelajaran ataupun modul ajar
    D. Meminta peserta didik untuk membuat soal

    Jawaban:
    C. Menggunakan soal asesmen yang disediakan di dalam buku teks pelajaran ataupun modul ajar

  2. Sebagai guru tugas kita adalah melayani murid-murid dengan segala keberagaman serta menyediakan lingkungan dan pengalaman belajar terbaik bagi mereka. Sikap yang relevan dengan pernyataan tersebut adalah:A. Bersikap adil itu bukan berarti menyamaratakan perlakuan kepada semua murid
    B. Setiap murid memiliki pola belajarnya yang sama
    C. Guru bukanlah kunci dari keberhasilan pengembangan program pembelajaran murid-murid di kelasnya
    D. Guru tidak membutuhkan dukungan dari komunitas yang lebih besar untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung semua murid

    Jawaban:
    A. Bersikap adil itu bukan berarti menyamaratakan perlakuan kepada semua murid

  3. Perencanaan pembelajaran dalam ruang lingkup kelas pada tahap awal dapat dilakukan dengan:A. Memodifikasi contoh alur tujuan pembelajaran
    B. Memilih contoh perangkat ajar yang tersedia
    C. Memodifikasi contoh asesmen
    D. Memilih contoh alur tujuan pembelajaran yang tersedia

    Jawaban:
    A. Memodifikasi contoh alur tujuan pembelajaran

  4. Model pembelajaran dengan cara peserta didik bekerja secara kelompok untuk mendiskusikan suatu topik tertentu adalah:A. Model pembelajaran kooperatif
    B. Model pembelajaran discovery learning
    C. Model pembelajaran berbasis proyek
    D. Model pembelajaran inkuiri

    Jawaban:
    A. Model pembelajaran kooperatif

  5. Perancangan pembelajaran yang berpusat pada murid dapat dilakukan dengan menggunakan:A. Hasil asesmen awal pembelajaran
    B. Hasil asesmen sumatif
    C. Nilai rapor
    D. Asesmen di buku paket

    Jawaban:
    A. Hasil asesmen awal pembelajaran

  6. Hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu sebelum menentukan pembelajaran terdiferensiasi adalah:A. Asesmen sumatif
    B. Asesmen formatif awal
    C. Ujian semester
    D. Ujian praktek

    Jawaban:
    B. Asesmen formatif awal

  7. Berikut ini yang bukan merupakan karakteristik pembelajaran yang berpusat pada peserta didik adalah:A. Memenuhi keragaman potensi peserta didik
    B. Memenuhi kepentingan pendidik
    C. Memenuhi kebutuhan perkembangan dan tahapan belajar peserta didik
    D. Memenuhi kepentingan peserta didik

    Jawaban:
    B. Memenuhi kepentingan pendidik

Demikianlah kunci jawaban modul 6 implementasi perencanaan pembelajaran di tahap awal. Semoga artikel ini membantu Anda dalam memahami dan menerapkan perencanaan pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

BACA JUGA :  Menjelaskan Big Five Model of Personality, dan Memberikan Contoh Pekerjaan yang Tepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *