PWI Bogor Helat HPN dan HUT PWI Ke-71

BOGOR, FOKUS.CO.ID – Perhelatan HPN dan HUT PWI Ke-71 yang diselenggarakan oleh Pengurus PWI Kabupaten Bogor berlangsung di halaman Gedung PWI Kabupaten Bogor diringi turunnya hujan pada Kamis, (9/2).

Pada kesempatan kali ini PWI Kabupaten Bogor mengambil tema “Momentum Peringatan HPN & HUT PWI Ke-71 Tahun 2017, Mari Kita Wujudkan Kabupaten Bogor Menjadi Kabupaten Termaju Di Indonesaia Dengan Semangat Pers Yang Profesional & Bertanggung Jawab”.

Hj. Nia Kurniasih selaku ketua pelaksana kegiatan mengungkapkan harapannya atas penyelenggaraan perayaan HPN dan HUT PWI kali ini, “Dengan semangat HPN rekan-rekan pers diharapkan lebih profesional dan bertanggung jawab sesuai dengan kode etik jurnalistik,” ungkap Nia.

Nia mengungkapkan persyaratan jadi anggota atau pengurus PWI sekarang harus ditunjang dengan kemampuan menulis, dan berlatar belakang pendidikan minimal Diploma III. Menanggapi persoalan adanya wartawan yang berlatar belakang pendidikan SLTA, Nia mengungkapkan bahwa persoalan tersebut sedang dalam kajian untuk dipertimbangkan.

“Oleh karena masih banyak wartawan senior yang memiliki kompetensi yang mumpuni tetapi latar belakang pendidikannya masih lulusan SLTA, hal tersebut masih dalam pembahasan untuk dipertimbangkan. Apalagi jika kompetensinya dalam menulis mumpuni,” ungkap Nia.

Ditanya soal sinergitas dengan Pemerintah Nia menjelaskan, tetap menjaga sinergitas dengan Pemerintah tanpa mengurangi kritik. “Sinergitas dengan Pemerintah tetap kita jaga tanpa mengurangi kritik sebagai kontrol,” kata Nia.

Sementara itu Ketua PWI Kabupaten Bogor H. Khoerul Azhar pada kesempatan yang sama mengungkapkan kalau dirinya sangat setuju dengan langkah-langkah Dewan Pers untuk melakukan sertifikasi wartawan dan penggunaan bar code pada media cetak. Ia menambahkan saat ini total pengurus dan anggota PWI Kabupaten Bogor berjumlah 52 orang, sehingga penting untuk melakukan uji kompetensi untuk memperoleh sertifikasi kewartawanan.

“UKW atau Uji Kompetensi Wartawan menjadi salah satu syarat utama untuk memperpanjang kartu anggota PWI. Insya Alloh kami akan menggelar UKW dengan target peserta maksimal 30 orang pada Juli mendatang bagi anggota kami dan saya setuju penerapan bar code pada media cetak yang akan dilakukan Dewan Pers,” ujar Khoerul Azhar.

Salah satu peserta yang juga anggota PWI yang berhasil kami mintai keterangannya terkait penyelenggaraan perayaan HPN dan HUT PWI Ke-71 kali ini, Liswandi mengungkapkan, perayaan kali ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.