Ada Makam Keramat Di Tengah Kebun Raya Bogor

Bapak Abdurohman bin Rahmat (56), Juru Kunci Makam Keramat Bunda Ratu Galuh Mangku Alam
Bapak Abdurohman bin Rahmat (56), Juru Kunci Makam Keramat Bunda Ratu Galuh Mangku Alam

BOGOR, FOKUS.CO.ID – Diantara sekian banyak destinasi wisata di Indonesia yang didalamnya mengandung unsur sejarah dan ilmu pengetahuan, tersebut salah satunya ialah tempat konservasi tumbuhan yang paling legendaris di Indonesia yaitu Kebun Raya Bogor (KRB). Ia dikenal juga dengan nama Kebon Gede, Kebun Botani, `s Lands Plantentuin te Buitenzorg, Botanic Gardens of Indonesia, dan lain-lain.

KRB sebelumnya merupakan bagian dari ‘samida’ atau yang kita kenal dengan hutan buatan atau taman buatan yang diperkirakan telah ada sejak pemerintahan Sri Baduga Maharaja, bagi masyarakat sunda dikenal dengan gelar Prabu Siliwangi, 1474-1513 M dari Kerajaan Pajajaran, yang diabadikan dalam prasasti Batutulis.

Sehingga nampaknya wajar apabila ditengah-tengah KRB terdapat Makam keramat dari keluarga Prabu Siliwangi. Namun demikian nampaknya keberadaan Makam keramat tersebut tidak begitu menjadi perhatian pengunjung yang ada. Ini nampak terlihat jelas dari lalulalangnya pengunjung yang melewati depan Makam keramat tersebut.

Menurut penuturan juru kunci Makam keramat Abdurohman (56), makam keramat yang telah menjadi Situs Cagar Budaya dibawah pengawasan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor ini pertama kali dibangun pada tahun 1978 oleh keturunan Brawijaya V.

“Saya sudah mengurus situs ini selama 25 tahun. Awalnya situs ini dibangun pada tahun 1978 oleh Ibu Nunung Nurjaro keturunan Brawijaya ke-5, termasuk uyut saya,” tutur Abdurohman.

Pria yang berpenampilan sahaja itu menceritakan kalau ayahnya pernah bercerita perihal Brawijaya V adalah kakak kandung Prabu Siliwangi dari cerita Ibu Nunung Nurjaroh.

“Kalau cerita diluar saya tidak tahu. Yang saya tahu dari ayah saya yang mendapat cerita dari uyut saya ibu Nunung Nurjaroh, Brawijaya ke-5 mempnyai adik yang salah satunya adalah Prabu Siliwangi. Istrinya Prabu Siliwangi ya Bunda Ratu Galuh Mangku Alam ini,” tutur abdurohman seraya menunjuk makam Bunda Ratu Galuh.

Ditanya soal hal gaib yang pernah dialaminya, Abdurohman menuturkan kalau ia pernah bermimpi didatangi oleh Bunda Ratu Galuh Mangku Alam dan berpesan kalau ia harus sabar dalam mengurus kraton disini. “kamu jangan takut, nanti aku yang memintakan juga kepada Alloh untuk tanggung jawab kamu sehari-hari,” tutur Abdurohman menceritakan mimpinya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.