Kenali Fungsi dan Aneka Jenis Bros

 

SONY DSC

Bros adalah benda perhiasan dekoratif yang dirancang agar dapat terpasang disematkan ke pakaian atau media lain. Pada bagian belakang Bros terdapat jarum dan kait seperti penitiuntuk menyematkan perhiasan ini pada kain. Selain dikenakan pada pakaian, ada beberapa jenis Bros yang berfungsi sebagai ikat atau hiasan rambut.

Secara historis, Bros pertama kali dikenal pada Zaman Perunggu. Bangsa Romawi, Yunani, bangsa Jerman dan juga suku Kelt dan suku yang bermigrasi di Eropa dari Zaman Perunggu Awal. Awalnya menggunakan gesper hias. Namun sekarang kita lebih sering menyaksikan Bross dipakai oleh para hijabers, sebagai penghias atau asesories tambahan pada penutup kepalanya.

Suryani, wanita berusia 25 tahun, seorang yang hobi yang mengkoleksi berbagai jenis Bros, dengan beragam warna dan ukuran. Ia mulai tertarik dengan perhiasaan kecil tersebut sejak duduk dibangku SMA. Sesekali setelah pulang sekolah, ia mampir ke toko aksesoris sekedar membeli benda yang ia sukai tersebut. Sejak itu, Suryani selalu meluangkan waktu tuk sekedar mencari tambahan koleksinya.

“Penggunaan Bross paling cocok dipasangkan saat memakai jilbab polos, apalagi sekarang banyak sekali Bros yang unik. Saya juga mengkoleksi beberapa Bros mulai dari yang kecil sampai yang besar,” jelasnya.

Pada awalnya, Bros biasanya terbuat dari logam mulia, seperti emas atau perak, tapi logam lain seperti perunggu, kuningan atau beberapa materi lainnya juga lazim digunakan sebagai bahan. Kini berbagai bentuk Bros sudah tersedia dalam beragam bahan dengan harga yang yang terjangkau, seperti kristal, manik-manik, kayu, keramik, kaca, plastik hingga yang terbuat dari kain katun dan flanel yang lagi trend.

Bros seringkali dihiasi dengan intan atau bertatahkan batu permata. Selain berfungsi sebagai perhiasan, Bros kadang juga berfungsi sebagai pengancing pakaian, yaitu sebagai peniti dengan bentuk yang lebih besar dan lebih cantik. Kerongsang misalnya, adalah sejenis Bros tradisional untuk mengancingkan kebaya.

SONY DSC

“Harga Bros kecil biasanya Rp. 5000. Untuk ukuran yang lebih besar biasanya mulai dari harga Rp. 30.000 hingga Rp. 75.000, tergantung motif atau bahan dari Bros tersebut.” Ujar Suryani.

Bros jilbab dari kain flanel merupakan salah satu jenis aksesoris yang bisa digunakan untuk mempercantik jilbab. Bros jilbab ini pun menjadi aksesoris yang cukup populer di kalangan hijabers akhir-akhir ini.

Bahan ini memang terkenal memiliki tekstur yang lembut serta aneka warna terang yang indah. Tidak heran bila kain flanel digunakan sebagai bahan pembuat aksesoris seperti Bros. Cara membuat Bros dari kain flanel juga tidak terlalu sulit, hanya dengan sedikit inovasi bisa tercipta Bros yang unik dan menarik.

Bagi yang suka berkreasi, kain katun hingga kain batik juga dapat dikreasikan menjadi Bross yang disukai anak-anak muda yang selalu ingin tampil cantik dan lucu dalam berpakaian.

Ada dua fungsi Bros bagi pemakainya. Pertama, Sebagai penjepit kerudung atau jilbab agar tidak kemana-mana, atau kerudung/jilbab yang dipakai tetap ke posisi semula sehingga tidak berantakan.

Kedua, Bros Cantik pasti juga berfungsi untuk mempermanis tampilan kita saat berjilbab/berkerudung sehingga tidak terlihat membosankan dan enak dipandang.

Ketiga, Sebagai aksesoris baju. Mungkin ini  lebih melenceng dari fungsi utama Bros itu sendiri. Kita tentunya sering melihat  banyak wanita yang mengenakan Bros di baju, biasanya dipakai di baju, kemeja, jas yang polos. Bros Cantik ini dipakai di dada bagian atas namun tidak digunakan bila baju atau kemeja yang dipakai memiliki saku di atas. Bros ini akan membuat penampilan kita semakin terlihat glamour dan anggun.

Tak jarang Bros juga dipandang sebagai penentu status ekonomi si pemakai. Jenis dan bahan Bros yang dipakai, kadang dijadikan tolak ukur tingkat kesejahteraan pemakainya. Kaum hawa yang memakai asesories ini selalu berlomba menampilkan yang tercantik dan terbaik dalam dandanan mereka. Dalam acara resmi tertentu, tak jarang wanita memakai Bros yang mahal, mungkin berbahan Berlian, Emas, atau jenis permata lainnya.

Zaeryna Karima

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.