Curug Parigi: Deru Air di Tepi Kota

parigi1

Mulanya bagian dari sungai Cileungsi yang terletak di Kampung Parigi, Kelurahan Cikiwul, Kecamatan Bantar Gebang Kota Bekasi ini, adalah sebuah aliran air dengan permukaan rata, seperti layaknya sungai lainnya. Namun penambangan batu dan pasir secara besar-besaran dengan menggunakan alat berat  pada tahun 1980-an, membuat bagian sungai ini amblas sedalam 2 meter.

Namanya Curug Parigi. Curug berarti air terjun, sedangkan Parigi adalah nama kampung lokasi air terjun ini berada. Retakan setinggi dua meter dengan lebar lebih dari 20 meter tersebut telah menjadikan nuansa baru di kawasan yang dikelilingi perumahan dan pabrik ini. Sebuah lokasi baru di Kota Bekasi, bagi yang ingin merehat mata dan melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

parigi2

Untuk mencapai curug ini, bisa dengan menelusuri Jalan Raya Narogong, terus ke jalan Pangkalan 5, dan akses masuk ke lokasi adalah sebuah gang. Sebelum mencapai lokasi, suara gemuruh dan riuhnya air terjun sudah terlebih dahulu mencapai telinga pengunjungnya.

Di musim kemarau, seperti sungai lainnya di daerah urban, sungai Cileungsi ini juga mengalami kekeringan, atau setidaknya suara gemuruh air tidaklah sehebat ketika musim hujan tiba. Sebaliknya di musim hujan airnya melimpah, bahkan kadang tak  terlihat adanya air terjun, karena permukaan sungai hampir rata antara yang diatas dengan yang dibawahnya.

parigi3

Menurut warga Kampung Cikiwul, dulu air sungai ini masih sangat jernih, tidak seperti sekarang yang lebih dominan dengan warna kuning. Namun apapun warnanya, menyaksikan air terjun tentulah nuansa yang berbeda, apalagi bagi warga Kota Bekasi. Curug yang sekarang menjadi Lokasi wisata alam ini, memang terletak di pinggiran Kota Bekasi. Di sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Bogor dan di sisi Timur Berbatasan dengan Kabupaten Bekasi. (Foto dan teks: Rahman Faisal Hasibuan)

Mungkin Anda Menyukai

Satu tanggapan untuk “Curug Parigi: Deru Air di Tepi Kota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.