BELLA Menjadi Relawan Pendidikan

MESKI usia Bella Martha Junita baru 18 tahun tapi kepeduliannya menjadi relawan pendidikan sebagai guru bukan hal baru. Bisa jadi semua itu turun dari gen ibunya yang memang saat kuliah menjadi aktivis kampus dan sering terjun dalam aksi sosial.
bella“Mama kuliah di Fakultas Hukum tapi saya ingin menjadi diplomat,” kata dara yang lahir pada 24, Juni 1997 yang sekarang masih belajar di SMAN 3 Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.
Ketertarikkan Bella menjadi guru awalnya kare na melihat program “Seribu Guru Indonesia” yang mengajak banyak orang untuk mengabdikan ilmunya untuk anak-anak jalanan yang ada di sekitar Jabodetabek. Walaupun masih tergolong baru di lem baga sosial tersebut, tapi siswi kelas 12 yang mengambil jurusan IPS tersebut, sudah tiga kali turun ke lapangan. Di antaranya pernah menjadi instruktur tari “Nandak Bekasi” di SDN 01 Mangunjaya, Tambun Selatan dan mengajar anak-anak jalanan yang ada di Jakarta Pusat dan sekitarnya.
Dari pengalaman yang didapat, Bella mengaku tanggapan instansi atau pemerintah daerah terhadap aksi sosial yang dilakukan terkadang kurang, misalnya untuk mendapatkan izin mengadakan kegiatan tadi prosesnya masih terbilang lama. “Saya coba memaklumi, bisa jadi kurang koordinasi atau karena hal lain,” kata anak kedua dari dua bersaudara itu.
Sedangkan hal yang membuat Bella bahagia yaitu saat melihat tingginya antusias belajar anak didiknya.

“Rasanya ingin terus mengajar tapi saya juga harus menyiapkan diri untuk menyelesaikan studi,” katanya ketika ditemui saat menghadiri sebuah kegiatan budaya di Tambun Selatan.
“Kalau bicara budaya, sudah seharusnya anak mu da Bekasi peduli dengan kekayaan budayanya. Jangan sampai muncul istilah kebakaran jenggot kalau nanti ada orang lain yang mengklaim budaya tersebut karena ketidak-pedulian terhadap budaya itu sendiri,” kata peraih gelar berbakat dalam Pemilihan Indonesia Next Star 2012 menutup obrolan.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.