Tugu-Tugu di Bekasi

TUGU-BEKASI

Meski hanya terbentuk dari susunan batu dan diletakan di pertigaan jalan, tentu saja ada ctugu-mustika-jayaatatan tersembunyi yang ikut menopang kehadirannya.

Banyak cerita heroik seputar perjuangan melengkapi kehadiran sebuah tugu, seperti ke beradaan tugu yang terletak di Jl. KH. Agus Salim Bekasi Jaya, Bekasi Timur.

Di tempat lain, persisnya di pertigaan Kampung Jati Tugu di Jl. H. Jampang, Jatimulya, Tambun Selatan.
Sebuah tugu kokoh berdiri. Menurut cerita warga sekitar, dulu di tahun 80’an di lokasi berdirinya tugu tersebut pernah dijadikan tempat upacara Lebaran Ketupat dan Lebaran Gemplong.
Tugu memang bukan sekadar tumpukan batu karena keberadaannya muncul tidak lepas dari peran tokoh masyarakat atau penguasa daerah yang merasa perlu membuat sebuah tanda untuk diingat. Dan kita masih bisa melihat sebuah tugu berdiri gagah di pertigaan Jl. KarangsatriaSetiamekar, Tambun, Kabupaten Bekasi. Konon dulunya di tempat itu hampir setiap tahun diadakan upacara bebaritan atau sedekah bumi.

TUGU-JAMPANGBegitu juga tugu bambu di pertigaan jalan Mustika Jaya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, tentunya tidak hanya dibuat tanpa alasan yang kuat.
Tugu paling bersejarah tentu saja yang berdiri gagah di sekitar Alun-Alun Bekasi karena di tempat tersebut pernah ada apel besar yang dihadiri sang Proklamator Ir. Soekarno.
Sedangkan tugu yang masih terawat rapi ada di pertigaan Jalan Kemandoran Tugu dalam di daerah Pekayon, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan.
Boleh jadi masih banyak tugu-tugu lain di wilayah Bekasi yang kehadirannya memang tidak bisa dilepaskan dari peran dan perjalanan sejarah sebuah daerah dengan sebutan Kota Patriot.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.