Galeri Fokus

Galeri Fokus by Rahman Faisal

SAHABAT MANUSIA

IMG_5714

Hewan peliharaan pada dasarnya adalah hewan yang dipelihara dengan tujuan untuk menemani manusia. Hewan peliharaan tentu berbeda dengan hewan ternak atau hewan percobaan yang dipelihara untuk kepentingan ekonomi atau melakukan tugas tertentu. Dan belakangan diketahui bahwa hewan peliharaan juga mempunyai banyak manfaat.

Hewan yang dapat menjadi hewan peliharaan sebenarnya bisa apa saja. Bisa hewan jinak, bisa pula hewan buas. Tapi biasanya, kebanyakan orang memelihara binatang jinak yang imut juga lucu.

IMG_5731

Hewan peliharaan yang banyak dipelihara biasanya yang memiliki penampilan yang menarik, apakah itu warna bulunya atau suaranya yang indah, atau hewan-hewan yang mempunyai sifat setia pada majikannya.

Berdasarkan survey dari Pet Owner di tahun 2007 – 2008 di Amerika Serikat, anjing merupakan hewan yang paling banyak dipelihara. Sedangkan kucing berada di urutan selanjutnya, dan disusul oleh ikan air tawar lalu burung. Di Indonesia sendiri belum ada data otentik mengenai berapa jumlah hewan yang menjadi peliharaan. Hasil survey tersebut menunjukan bahwa hewan jinak lebih banyak dipelihara oleh manusia daripada hewan buas.

IMG_5556

Hewan peliharaan ternyata tidak hanya lucu serta menggemaskan, tetapi juga memiliki banyak manfaat dilihat dari sisi psikologis maupun kesehatan fisik. Berikut adalah manfaat dari memelihara hewan peliharaan yang dihimpun dari berbagai sumber.

  1. Mengurangi Stress dan Meringankan Depresi
  2. Menurunkan Tekanan Darah
  3. Meningkatkan Kebugaran dan Menurunkan Kolesterol
  4. Mengurangi Resiko Penyakit Kardiovaskuler
  5. Mencegah Alergi Pada Anak
  6. Mempererat Hubungan Keluarga
  7. Melatih Bertanggung Jawab
  8. Membuat Lebih Rajin
  9. Menjadikan Pribadi Yang Lebih Baik
  10. Membuat Betah di Rumah 

IMG_5553

Berikut beberapa foto yang hewan peliharaan yang dibawa oleh pemiliknya, Komunitas Pecinta Hewan  ke tengah keramaian pada Car Free Day di Kota Bekasi beberapa waktu lalu. Beberapa pengunjung lain yang belum terbiasa dengan hewan peliharaan pun mencoba mengelus hingga memeluk hewan lucu menggemaskan ini, seperti yang terekam dalam lensa kamera Fokus.

IMG_5765
IMG_5547

IMG_5560 IMG_5587 IMG_5681
IMG_5704
IMG_5746

IMG_5757

Next Post

Previous Post

Leave a Reply

© 2017 Galeri Fokus

Theme by Anders Norén